Wisata Alam Pohon Damar Kecamatan Cibeber

892

Wisata alam Lebak Damar yang merupakan wisata pohon Damar yang teletak di kawasan Gunung Halimun Salak yang tidak jauh dari wisata alam Kebun Teh Cikuya, Dengan rute menuju wisata Lebak Damar ini sama seperti rute menuju wisata alam Kebun Teh Cikuya.

“Hutan damar yamg memiliki luas sekita 250 hektar, ini merupakan sebuah pusat pembibitan unggul seperti kebun teh hijau yang menjadi sebuah tempat penelitian pelajar dan mahasiswa.

Hutan ini menjadi rumah bagi sekitar 5 jenis pohon asli dan endemik yang langka, 5 jenis tanaman. Tanaman langkanya, di antaranya yaitu pohon pinus, damar, pelawan, laban, meranti, mahuni, dan tidak ketinggalan kebun teh hijau bukan di puncak bogor saja tapi di lebak pun ada kebun teh.

Menggandeng Pusat Studi Desa di Indonesia, dan dibalai Penelitian Kehutanan yang ingin menjadikan sebagai wisata hutan pinus, sebagai upaya menjaga kelestarian hutan tropis dan keanekaragaman hayati di dalamnya. Karena itu, tahun lalu pemerintah kabupaten Lebak telah meresmikannya sebagai kawasan obyek wisata, pantai sawarna.

“Ini merupakan tahap awal dari penataan wisata hutan Damar. Ke depan, sarana di sini harus ditata lebih baik lagi, seperti pelebaran jalan menuju wisata karna yang sekarang jalan menuju wisata sangat sempit dan kami berharap kepada pemerintah Lebak agar bisa memperbaiki pelebaran jalan menuju wisata alam ini, sehingga bisa mendatangkan wisatawan untuk menikmati wisata hutan pitus alam yang ada kabupaten Lebak Namun begitu, tujuan akhirnya adalah bagaimana hutan ini lestari.

Dan kami minta dukungannya dari pihak pemerinta kabupaten Lebak terutama kepada dinas pariwisata, agar menindaklanjuti pengembangan sarana pendukungnya dengan perencanaan dan pengelolaan yang dirumuskan dengan baik. Karena itu, dengan pengembangan yang demikian, Asep mulyan selaku kepala Desa hegarmanah pun mengharapkan agar semua elemen masyarakat turut serta bertanggung jawab dan menjaga dengan baik

Get real time updates directly on you device, subscribe now.

Leave A Reply

Your email address will not be published.

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More